Monday, August 21, 2017

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan sebelum berkendara

Dikutip dari KOMPAS.com
Paidi (55), warga Karangsari, Kabupaten Simalungun tewas setelah sepeda motor Honda Supra X 125 nopol BK 3717 WJ yang dia kendarai tergilas truk fuso nopol BK 8573 LW di Jalan Medan depan RS Horas Insani, Pematangsiantar, Senin (5/12/2016) sore.
Kasat Lantas Polres Pematangsiantar, AKP Jupiter Simanjuntak mengatakan,  peristiwa itu terjadi diduga akibat kelalaian pengendara Honda Supra X, yang mendahului truk dari jalur sebelah kiri."Diduga sepeda motor jatuh nyeret di aspal dan masuk ke kolong truk, kemudian pengendara sepeda motor tergilas roda belakang sebelah kiri truk tersebut".





Keselamatan berkendara motor atau biasa disebut safety riding memang sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari terutama bagi para pengendara sepeda motor. Kali ini kita akan membicarakan mengenai bagaimana sih berkendara dijalan yang baik dan benar.

Kita pastinya menginginkan selamat sampai tujuan bukan ?

Langsung saja, untuk aman dijalanan kita perlu memperhatikan beberapa hal yaitu sebagai berikut :
* kondisi fisik dan jiwa kita sebelum berkendata
* kondisi kendaraan yang akan kita gunakan untuk menuju ketujuan
* serta  situasi dan kondisi jalan yang akan kita lalui.

1. Kondisi Fisik dan jiwa Pengendara
  Sebagai faktor utama dalam berkendara kondisi fisik seseorang sangat memegang peranan penting dalam keselamatan berkendara. Oleh sebab itu kita hatus memperhatikan hal tersebut. Baik kita sebagai pengendara ataupun orang menumpang . Kondisi fisik harus benar fit agar saat berkendara nantinya tidak menjadi suatu yang dapat menimbulkan kecelakaan. Kondisi fisik yang sehat harus diperhatikan diantaranya ; apakah kita dapat mengendarai kendaraan dengan baik atau tidak ?, apakah kita dapat berpikir tenang saat diperhalanan ?.
  Hal-hal tadi harus sangat diperhatikan, jangan sampai disaat kita sedang sakit lalu kemudian dipaksakan untuk berkendara. Atau saat kita memliki masalah jiwa seperti stress akan suatu hal yang kemudiaan kita malah terbawa suasana stress tadi saat berkendara. Usahakan bahwa saat kita berkendara, kita tidak memikirkan hal lain selain hanya fokus berkendara.
  Jangan sampai nantinya kita menyesal karena terlalu memaksakan kondisi yang semestinya tenang malah menjadi suatu terburu-buru,kacau balau, ataupun tidak konsen.

2. Kondisi kendaraan
  Kendaraan yang akan kota gunakan untuk menuju ketempat tujuan haruslah memenuhi standar keselamatan berkendara. Hal-hal tidak diinginkan mungkin saja diakibatkan oleh tidak doperhatikannya kondisi kendaraan kita sewaktu akan digunakan.
Hal termudah yang dapat kita lakukan adalah rutin melakukan service di bengkel terpercaya. Dengan pelayanan service yang baik maka kondisi kendaraan kita pun terjaga.
Adapun hal yang perlu kita perhatikan sebelum berkendara ketempat tujuan diantaranya adalah memperhatikan kondisi lampu utama, kondisi lampu rem, kondisi lampu riting,serta kondisi rem, senua kondisi tadi harus dalam keadaan baik. Jangan sampai hal-hal pokok tadi kita lewatkan begitu saja. Ini sangat berbahaya jika kita memiliki salah satu kondisi yang tidak baik saja. Apalagi kita membiarkan kondisi-kondisi seperti itu dalam keadaan tidak baik.
Selain kondisi kendaraan kita kita juga harus memperhatikan apakah surat-surat kendaraan kita lengkap atau tidak, agar nanyinya aman berkendara, karena akhir-akhir ini sering terjadi pemeriksaan kendaraan oleh saudara-saudara kita di kepolisian.

3.Situasi dan kondisi jalan
  Untuk meuju ketempat tujuan pastilah kita melewati jalan. Dalam perjalanan iini bisa saja kita melewati berbagai jenis kondisi jalan baik beraspal mulus,sedang,atau bahkan jalanan penuh lubang dimana-mana. Kita harus siapa akan hal-hal yang tidak terduga saat kita dijalanan. Akan lebih baik kita mengerahui kondisi kalan yang akan kita lalui. Apakah jalannya baok atau buruk, apakah banyak penghalang saat kita menuju tujuan. Di Indonesia saat ini sering terjadi bahwa dijalanan banyak sekali orang menyeberang dengan sembarangan walupun sudah tersedia jembatan penyeberangan orang. Kita harua berhati-hati dalam berkendara. Disaat jalan kita harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan. Seperti hal yang sepele bagi sebagian orang yaitu lampu lalu lintas seringkali kita melihat banyak orang yang melakukan pelanggaran terhadap rambu ini, walaupun kondisi terlihat aman namun jangan sampai kita tergoda untuk melanggarnya. Hal-hal yang munkin berbahaya sudah menanti kita didepan sana.


semoga postingan kali ini dapat membantu anda yang ingin berkendata dengan aman di jalanan indonesia