Google

Friday, August 10, 2018

🔥Menggenggam dunia... ♨

✍Banyak manusia yang panjang angan-angannya untuk menggenggam dunia.
Mereka selalu iri dengan yang dimiliki oleh orang lain, sehingga setiap kali dia mendapatkan kenikmatan, tidak pernah bersyukur karena masih dibawah orang lain.
Sehingga pesan Nabi صلى الله عليه وسلم untuk melihat orang yang dibawahnya tidak pernah terbetik dalam benaknya.

 ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻧْﻈُﺮُﻭﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﺃَﺳْﻔَﻞَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻨْﻈُﺮُﻭﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﻓَﻮْﻗَﻜُﻢْ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺃَﺟْﺪَﺭُ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﺗَﺰْﺩَﺭُﻭﺍ ﻧِﻌْﻤَﺔَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢ
"Lihatlah orang yang ada di bawah dari kalian, jangan melihat yang ada di atas kalian, karena yang demikian lebih mendorong untuk tidak mengurangi nikmat Allah atasmu."

Padahal menggenggam dunia bagi seorang muslim itu begitu mudah 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengingatkan,

" ﻣَﻦْ ﺃَﺻْﺒَﺢَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺁﻣِﻨًﺎ ﻓِﻲ ﺳِﺮْﺑِﻪِ، ﻣُﻌَﺎﻓًﻰ ﻓِﻲ ﺟَﺴَﺪِﻩِ، ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﻗُﻮﺕُ ﻳَﻮْﻣِﻪِ؛ ﻓَﻜَﺄَﻧَّﻤَﺎ ﺣِﻴﺰَﺕْ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ "
"Barangsiapa yang melewati harinya dengan perasaan aman dalam rumahnya, sehat badannya dan  memiliki makanan untuk hari itu; seakan-akan ia telah memiliki dunia seisinya". (HR., Tirmidzi, 2346 dan dihasankan Al-Albani)

Alangkah mudahnya untuk menggenggam dunia dalam konsep Islam. Cukup dengan bermodalkan rasa aman di dalam rumah tempat kita bertinggal, tubuh yang sehat wal afiat serta memiliki stok makanan yang bisa dikonsumsi dalam sehari itu. 
Cukup sudah...

"..Dunia dan akhirat itu umpama rumput dan padi... Tanamlah padi, rumput kan tumbuh jua, tetapi tanam rumput, tak kan tertumbuh padi... Begitulah jua dunia dan akhirat... Kejar akhirat, dunia akan didapat bersama... Kejar dunia, maka hanyalah dunia semata-mata”...

Rasulullah mengingatkan untuk selalu bersyukur dan sadar bahwa selama ini kebahagiaan dan kedamaian telah kita miliki.
Rasulullah menyampaikan bahwa untuk hidup mulia –layaknya seorang penguasa dunia- cukup dengan tiga hal di atas.

Syukurilah yang ada... 
Niscaya dunia digenggaman tanganmu... 

Semoga Bermanfaat